Jumat, 28 Juni 2013

Hal-Hal Aneh Yang Dapat Memicu Obesitas


Sebagian besar masyarakat, beranggapan bahwa obesitas hanya disebabkan oleh pola makan yang salah serta gaya hidup yang tidak sehat. Namun ternyata masih banyak hal yang terdengar unik, aneh, dan terkadang juga sepele yang dapat mempengaruhi atau justru menimbulkan obesitas yang mungkin tak pernah Anda sadari sebelumnya. Berbagai hal aneh itu antara lain:

1. Pestisida

Tahukah anda bahwa pestisida juga dapat turut campur dalam proses obesitas. Mungkin terdengar aneh, namun suatu penelitian menyatakan bahwa adanya diabetes di beberapa kalangan petani sebagian besar justru disebabkan oleh pestisida. Karena pestisida memang dirancang untuk mengacaukan proses hormonal pada tubuh serangga, dan juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia juga.

2. Produk perawatan Pribadi

Ternyata berbagai produk peralatan pribadi yang banyak ditemukan pada produk pewangi juga mengandung bahan ftalat yang dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan manusia. Serta diabetes. Hal ini biasanya banyak ditemukan pada produk pewangi yang mengandung bahan parfum, pewangi ruangan, lilin yang mengandung aroma, serta penyegar udara yang mengandung parfum dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

3. Vinyl

Menurut penilitian, Vinyl ternyata mengandung organotin dibutiltin dapat menyebabkan masalah berat badan permanen. Dan tak hanya itu, kebanyakan Vinyl juga dicampurkan dengan ftalat yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Oleh karena itu, hindarilah berbagai bahan mengandung vynil yang biasanya banyak terdapat pada lantai, dompet, dan juga tirai shower di rumah Anda karena bahan ini ternyata juga berbahaya untuk kesehatan Anda.

3. Produk Antilengket

Ternyata pada berbagai bahan anti lengket ditemukan sebuah senyawa yang bernama perfluoroctanoic acid atau yang lebih dikenal dengan PFOA yang dapat memicu timbulnya obesitas. Senyawa ini banyak ditemukan pada berbagai barang antilengket seperti teflon, pelapis furnitur, pembungkus makanan tahan lemak serta bahan yang tahan air.

Jika Anda menggunakan teflon antilengket, Anda tidak perlu buru-buru membuangnya. Anda dapat membuangnya disaat Anda menemukan adanya goresan yang terdapat pada teflon Anda d engan menggunakan peralatan stainles steel yang lebih aman.

4. Polibro (PCB)

PCB awalnya digunakan untuk berbagai bahan tahan api yang banyak digunakan oleh industri listrik. Tapi, kini bahan ini sudah tidak digunakan karena berbahaya terhadap lingkungan dan kesehatan.

PCB ini sendiri biasanya dapat ditemukan pada berbagai bahan makanan seperti ikan, daging, dan susu yang telah terkontaminasi. Untuk lebih amannya Anda dapat membuang berbagai bahan makanan yang telah berubah rasa dan memperbanyak mengkonsumsi sayur-mayur yang lebih menyehatkan badan.

5. Kedelai

Walaupun sering dikatakan bahwa makanan ini rendah lemak, namun sebenarnya bahan makanan ini mengandung phytoesrogen yang bersifat menungkatkan pertumbuhan sel lemak. Namun hal ini hanya berpengaruh pada anak-anak. Solusinya Anda hanya perlu memberi mereka kedelai secukupnya untuk menghindari terjadinya obseitas yang tak terduga pada buah hati Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar