Jumat, 05 Juli 2013

Bahaya Mengucek Mata, Bisa Sebabkan Kebutaan

Seringkali disaat mata Anda terasa perih dan gatal karena terkena debu, air, atau benda lainnya Anda akan reflek untuk mengucek mata Anda. Padahal tanpa Anda sadari mengucek mata dapat menyebabkan masalah serius terhadap mata Anda dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Maka tidak heran, beberapa iklan obat tetes mata di TV biasanya pasti menganjurkan Anda untuk tidak mengucek mata. Hal itu karena memang harus dicegah agar tidak menyebabkan efek samping yang seirus dan bukan semata-mata untuk melariskan productnya saja.



Tanpa Anda sadari dengan berenang, menggosok mata, atau posisi tidur yang salah dapat menyebabkan penekanan pada mata Anda. Penekanan mata tersebut, bila dibiarkan berlarut-larut, tanpa Anda sadari akan menyebabkan iritasi, penyakit glaukoma, rabun jauh, hingga kebutaan. Mungkin memang terlihat sepele, namun faktanya, dengan mengucek mata Anda melakukan penekanan 5-10 kali lebih besar daripada menghadapi cahaya yang menyilaukan yang sama-sama memberikan tekanan pada mata.



Maka, untuk menghindarinya, Anda dapat menyimpan dan membawa obat tetes mata kemanapun Anda pergi untuk berjaga-jaga bila Anda terkena debu pada mata. Obat tetes mata juga wajib dimiliki bagi para wanita yang gemar akan berdandan untuk mengatasi insiden terkena eyeliner cair yang masuk pada mata, serbuk eye shadow, mascara, hingga masuknya bedak atau serat spons bedak yang sudah mulai rapuh. Tentunya dengan menyiapkan obat tetes mata di setiap kesempatan, maka penampilan Anda akan terasa segar dan juga mata Anda bebas dari iritasi karena debu dan air.



Solusi lainnya bila Anda tidak membawa obat tetes mata hanyalah Anda banyak berkedip di saat Anda terkena debu, sehingga cairan alam pada mata Anda pun akan mudah untuk keluar dan mengeluarkan debu yang masuk ke mata secara perlahan sampai mata Anda bersih seperti sediakala. Anda pun harus menghindari posisi tidur/ yoga yang menekan mata. Dan posisi terbaik bagi tidur Anda setiap hari adalah posisi telentang yang tidak cenderung menekan mata.



Dan sehubungan dengan menghadapi tren terbaru di Jepang yang sedang marak saat ini. Anda pun sebaiknya tidak mencoba untuk mengikutinya. Karena trend ini sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada mata. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kebutaan bila terus menerus dilakukan. Karena aktifitas ini juga cenderung memberi penekanan pada mata, dan sedikit banyak merusak cairan pada mata.



Dengan meminimalisir untuk memberi sentuhan atau penekanan pada mata Anda, maka mata Anda akan aman-aman saja. Dan bagi Anda yang berkaca mata minus, bila Anda merasa minus Anda cepat bertambah, maka tanyakanlah pada diri Anda, seberapa sering Anda mengucek mata Anda. Karena walau terlihat sepele, hanya dengan mengucek mata Anda pun; hal ini akan memicu percepatan rabun dekat pada mata Anda tanpa Anda sadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar