Kamis, 23 Mei 2013

4 Cara Berhenti Merokok Terampuh



Sebenarnya, untuk berhenti merokok itu cukup mudah, namun itu semua juga tergantung tiap-tiap individu yang menghadapinya dan dengan tujuan dan motivasi apa mereka berhenti merokok.
Berikut adalah beberapa cara untuk berhenti merokok, namun bila Anda ingin berhasil, Anda harus disiplin dan berkemauan kua untuk berhenti merokok. Bila anda hanya moody saja, maka tidak akan bias sukses berhenti merokok. semoga berhasil 


Berhenti Merokok Secara Bertahap
Jika berhenti merokok secara mendadak cukup sulit untuk Anda lakukan, anda bias mencobanya untuk berhenti secara bertahap. Bila biasanya dalam 1 hari Anda mampu menghabiskan 1 bungkus rokok, maka langkah pertama yang harus diambil adalah Anda mengurangi setengah porsi. Lakukan jadi 5-6 rokok per batang, lalu pada hari selanjutnya 3 rokok per batang. Lalu setelah itu menjadi 1 buah rokok per hari, dan sampai Anda tidak merokok sama sekali.


Support dari Teman, Keluarga & Pasangan
Bila Anda memang serius untuk benar-benar total berhenti merokok, cobalah untuk melibatkan seluruh kerabat dekat Anda untuk membantu Anda mengawasi agar Anda dapat berhenti merokok. Mintalah dukungan mereka. Karena usaha Anda bila didukung oleh orang-orang yang Anda cintai biasanya lebih membuahkan hasil, daripada Anda melakukannya dengan usaha pribadi saja.


Buat Diri Anda Sesibuk Mungkin
Biasanya, merokok dilakukan saat Anda mempunyai waktu luang. Jadi untuk menyiasatinya, Anda harus berusaha untuk sesibuk mungkin. Dengan begitu, perhatian Anda terhadap keinginan merokok akan brkurang atau bahkan menghilang sama sekali karena kesibukan yang Anda miliki.


Bawa Permen atau Cokelat Sebagai Ganti Rokok
Cara ini, juga merupakan salah satu cara untuk mengalihkan perhatian Anda. Anda bisa membawa perment rasa mint, kopi, atau rasa apapun yang Anda gemari sebagai ganti saat Anda sedang ingin untuk merokok. Anda bias juga membawa cemilan berupa cokelat kecil bila Anda tidak suka atau bosan dengan permenCara ini bila diterapkan secara rutin, pasti akan membuahkan hasil, Anda hanya perlu melakukannya menjadi kebiasaan.


Berkonsultasilah dengan dokter/psikiater
Bila Anda sudah kehilangan akal, anda dapat berkonsultasi dengan dokter ysng biasanya mempunyai resep jitu untuk terlepas adari ketergantungan bahan-bahan yang terdapat pada rokok seperti nikotin dan lain sebagainya.


Atau berkonsultasilah dengan psikiater agar dapat membantu Anda untuk berhenti merokok. Ada juga pasien yang ditodong psikiater dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit yang akhirnya memaksa mereka berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar