Kamis, 23 Mei 2013

Fungsi SPF untuk kesehatan Kulit


Sinar matahari bagi kta yang berada di Negara Tropis, menuntut kita untuk bergaul erat dengan teriknya sinar matahari. Sinar matahari pagi, yang bersinar sebelum jam 9.00 pagi, merupakan sinar matahari yang baik dan mengandu\ng vitamin E. Namun sebaliknya, sinar matahari yang bersinar setelah jam tersebut menjadi musuh yang jahat bagi kulit kita, karena bila ulit kita terlalu lama terkena sinar matahai, dapat terinfeksi oleh kanker kulit.

Ada 3 jenis radiasi sinar ultraviolet. Yaitu, UVA, UVB, dan UVC. Radiasi UVA memang pada umumnya tidak menyebabkan luka bakar pada kulit, itu sebabnya, kebanyakan orang kurang waspada dan tidak mengetahui bila kulitnya sedang terjadi kerusakan. Uvb sendiri adalah radiasi yang menyebabkan luka bakar, dapat menyebabkan kanker kulit bila terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sedangkan UVC adalah tipe radiasi yang paling berbahaya, namun untungnya sinar UVC ini tidak dapat menembus lapisan ozon.

Untuk mencegah kanker kulit sebaiknya kita tidak lupa untuk menggunakan tabir surya. Tabir surya sendiri terdapat 2 macam, yaitu tabir surya yang mengandung SPF 15 dan SPF 30. Bedanya adalah untuk tabir surya SPF15 dapat menyaring sinar UV hingga 93,3%, sedangkan tabir surya SPF30 bisa menyaring sampai 96,7%. Selain itu, kita dapat juga melindungi diri dengan sunglasses , topi, dan serta hand body lotion untuk perlindungan lebih optimal.

Cara menggunakan tabir surya yang tepat adalah 3/4 sendok teh untuk masing-masing tangan. Dan 1 sendok teh untuk msing-masing kaki.Dan ulangilah pemakaian setiap dua jam, dan setelah anda selesai berenang. Selain itu gunakanlah lip balm untuk melindungi area bibir, karena area ini merupakan area yang mudah terkena sinar atahari pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar