Kamis, 23 Mei 2013

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan






Daun sirih merupakan dtanaman yang tumbuh di daerah tropis dan tidak berbunga. Daunnya hijau segar, dan dulu tanaman ini sangat digemari oleh para prang tua sebagai bahan obat tradisional. Karena ternyata daun sirih, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.







Yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah dau sirih yang berwarna merah, namun mungkin saat ini sangat sulit untuk menemukan daun sirih yang berwarna merah. Namun, selain untuk kesehatan, daun sirih juga dapat digunakan sebagai bahan pestisida nabati untuk memerangihama penghisap karena kandungan yang terdapat di dalam daun sirih tersebut.

Di dalam daun sirih ternyata mengandung berbagai kandungan yang sangat bermanfaat, yaitu, Kandungan betlephenol, diastase, seskuiterpen, kavikol, pati, gula dan zat samak dan yang dapat membunuh kuman dan dapat memerangi jamur. Dan selain itu bias digunakan untuk antioksidasi dan fungisida yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Berikut beberapa manfaat daun sirih yang paling popular:

Mengobati Mimisan

Bila secara tiba-tiba Anda mengalami mimisan, janganlah panic. Anda bias mengambil daun sirih untuk dijadikan sebagai obat bagi Anda. Dan pengobatannya pun cukup simple. Anda hanya perlu menggulung daun sirih agar sari pati yang terkandung di dalam daun sirih keluar, lalu Andmasukkan ke hidung Anda yang mimisan. Cara tersebut dapat menghentikan darah yang keluar saat mengalami mimisan.

Menghilangkan Bau Mulut



Ternyata, daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut yang mungkin Anda alami. Bila Anda ingin menyegarkan bau mulut Anda dengan cara yang tradisional, Anda cukup menyiapkan 1 lembar daun sirih saja lalu merebusnya. Lalu gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur, lakukan 3 kali sehari agar bau mulut Anda tetap segar.

Obat Batuk

Jengkel karena batuk Anda tidak kunjung reda ? Anda ingin mencoba cara lain selain pengobatan dengan obat kimia ? Coba siapkanlah 5 lembar daun sirih, dan 11 biji cengkeh, 11 biji kapulaga, 11 biji kemungkus dan kayu manis sedukuran jari saja. Cucilah bahan tersebut lalu rebus dengan takaran air 2 gelas saja. Lalu saringlah airnya dan minumlah 3x sehari hingga batuknya reda.

Mengatasi keputihan

Bila Anda kepituhan, ambilah daun sirih 8-10 lembar, lalu rebuslah dengan air sebanyak 2,5 liter sampai mendidih. Lalu diamkan airnya hingga hangat dan basuhkan ke area kewanitaan Anda untuk mengobati keputihan yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar