Kamis, 23 Mei 2013

Nutrisi Untuk Memperlancar Datang Bulan



Datang bulan atau menstruasi normalnya akan datang pada setiap bulan. Namun terkadang ada beberapa wanita yang mengalami menstruasi selama 2-3 bulan sekali. Biasanya hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stress, hormon dan karena kelelahan. Biasanya hal ini sangat menghkhawatirkan bagi para wanita. Datang bulan yang terlambat pun biasanya akan disertai nyeri yang luar biasa dan darah yang keluar lebih deras dari biasanya.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab terlambatnya datang bulan:
• Hormon
• Stress
• Gaya hidup yang tak sehat
• Pemakaian narkoba
• Merokok
• Olah raga yang berlebihan
• Kelelahan
• Dan lain lain

Namun hal ini bisa diatasi dengan memberi tubuh kita asupan nutrisi yang cukup dan seimbang pada pola makan kita. Makanan yang mengandung protein, vitamin dan omega 3 ternyata dapat mengusir keterlambatan pada datang bulan agar menjadi lebih lancar.

Beberapa jenis makanan yang dapat membantu melancarkan datang bulan Anda adalah:

1. Brokoli

Jenis makanan hijau ini merupakan jenis sayuran yang ringan namun dapat memperlancar siklus datang bulanan Anda secara efektif. Siklus menstruasi Anda akan menjadi lebih lancar bila Anda rutin mengkonsumsinya. Campurkanlah jenis sayuran ini kepada sup Anda agar terasa lebih nikmat dan segar saat dikonsumsi.

2. Salmon

Salmon merupakan ikan laut yang keya akan kalsium, vitamin D, dan juga sangat baik untuk menguatkan tulang. Selain itu salmon juga mempunyai khasiat untuk menstabilkan hormon Anda. Hal itulah yang akan membantu Anda untuk memperlancar datang bulan Anda

3. Almond

Selain lezat untuk dikonsumsi, Almond merupakan jenis makanan yang kaya akan serat dan protein yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh Anda.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis minuman fermentasi yang kaya akan protein dan kalsium yang berfungsi untuk membantu Anda mendapatkan siklus bulanan yang tepat waktu. Selain membantu untuk memperlancar menstruasi, yoghurt juga mempunyai khasiat untuk meredakan nyeri pada datang bulan dan menyembuhkan keputihan.

5. Telur Rebus

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, kalsium dan vitamin yang dapat membantu anda untuk melancarkan datang bulan Anda. Makanan jenis ini merupakan makanan yang mudah didapatkan dan dapat dikonsumsi setiap hari.

6. Tahu

Tahu merupakan jenis makanan yang mengandung kalsium dan juga merupakan makanan yang rendah lemak dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai lauk untk mendapatkan siklus menstruasi yang lebih lancar pada setiap bulannya.

7. Biji Adas

Rebusan biji Adas dapat Anda konsumsi setiap hari untuk mendapatkan menstruasi yang teratur dan membuat siklus menstruasi Anda menjadi lebih sehat. Rebusan biji Adas ini dapat Anda konsumsi pada pagi hari saat sebelum sarapan. Anda dapat merendam biji adas ini semalam sejak malam hari dan meminumnya pada keesokan harinya pada pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar