Kamis, 23 Mei 2013

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mata


Akhir-akhir ini, kita lebih sering menjumpai para anak muda mulai mendapatkan masalah pada matanya karena kebiasaan buruk yang salah yang telah dilakukan sejak dini. Kebiasaan-kebiasaan ini dilakukan begitu saja karena mereka mungkin tidak menyadari apa yang mereka lakukan dan menyebabkan mata mereka rusak di usia dini.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah membaca tidur dengan posisi sambil tidur. Mungkin memang terasa nyaman untuk dilakukan,. Namun, ternyata posisi ini dapat menyebabkan retina bekerja lebih keras karena posisi ini, dan ternyata posisi inilah yang menyebabkan mata Anda menjadi silinder bila dilakukan secara terus menerus.

Selain itu, ada juga yang mempunyai kebiasaan mengucek mata, atau bahkan kadang-kadang sering tidak sengaja menekannya kea rah dalam. Hal ini sangat tidak dianjurkan agar mencegah terjadinya iritasi dan membuat mata Anda menjadi merah karena gesekkan yang disebabkan oleh tangan Anda.

Ada juga suatu kebiasaan buruk lainnya, yaitu berlama-lama menatap layar computer. Entah karena Anda hobby online atau karena tuntutan oleh pekerjaan. Bila memungkinkan, rilekskanlah mata Anda dengan sesekali memandang kea rah lain yang berwarna hijau atau cukup alihkan mata Anda dari layar computer agar mata Anda tidak lelah.

Jika Anda menonton TV atau demen berada di depan computer, sebaiknya, jagalah jarak pandang mata Anda dan membatasi waktu yang Anda habiskan selama di depan kedua alat tersebut. Karena, tanpa Anda sadari, radiasi dari sinar yang dipantulkan ke mata Anda tentunya akan mengganggu kesehatan mata Anda dan membuat mata Anda menjadi merah, perih dan lelah bila terlalu lama.




Perbanyaklah unutk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning dan juga berwarna jingga dan juga yang banyak mengandung vitamin A yang akan membantu kesehatan untuk mata Anda. Perbanyaklah makan wortel yang mengandung karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar